Berkarir Di Dunia Desain Grafis | A3BROs Team
A3BROs Team is Moving in Design Services ,Installation Services (Network and Software) and Website/E-Commerce Creation/Self Engine Optimization (SEO)
 

Rabu, 28 Desember 2011

Berkarir Di Dunia Desain Grafis

0 komentar
Semua orang inginkan karir yang menjanjikan dalam pekerjaan ,seseorang menginginkan menjadi Akuntan,Bankir bahkan Dokter  yang disebut paling menjanjikan dalam karir. Tetapi apakah anda terpikirkan untuk menjadi seorang designer khususnya bidang design grafis?!!. Bidang design grafis sampai sekarang cukup menjanjikan untuk berkarir  terbukti dengan banyaknya orang – orang yang sengaja menceburkan dirinya ke design grafis,
dimulai dari pilihan pendidikannya setelah SMA melanjutkan ke perguruan tinggi jurusan Desain
 Komunikasi
 Visual
 (DKV) 
ditandai dengan kelulusan di indonesia +/-1500
 lulusan 
mahasiswa 
desain
 grafis
 tiap
 tahunnya,dengan usaha mendalami ilmu desain grafis dan dikemudian hari menjadikan dirinya sebagai profesional di dunia design dan mempunyai pendapatan dari design.adapun seseorang bekerja sebagai freelance disamping pekerjaan utamanya.khusus menjadi freelance sekarang marak tawaran – tawaran pekerjaan baik cetak maupun elektronik.

Banyak website yang menawarkan pekerjaan untuk desain grafis di internet dengan target market yang variatif. Job desain online atau pekerjaan desain grafis ini oleh beberapa kalangan desainer muda dan pemula dijadikan peruntung hidup meski hanya sekedar coba-coba dan berkreasi. Sementara itu bagi desainer grafis kawakan sudah tidak diragukan lagi ikut Andil dalam menelorkan kreasinya melalui website tersebut termasuk para desainer indonesia juga.



Orang-orang ini merasa bebas berkreasi meski apa yang dia hasilkan kurang menarik, terlihat kusam, kurang sesuai dengan brief dan permasalahan lainnya. Saya kagum dengan semangat mereka. Berusaha sepenuh hati untuk berkreasi, orang berkata apa itu nanti. Modus yang umum ditemui adalah ketika dianggap jelek dan kurang menarik malah dipilih atau diterima oleh klien; ini menjadi seperti pembuktian bahwa teori baik dan bagus adalah yang sesuai. Saya sendiri seringkali mendengar keluhan teman-tema, “wah desain saya jelek, kayaknya gak pantas dipamerkan“, ini lebih sebagai jawaban atas mereka yang masih merasa minder dengan ketidakmampuan. Just do it!.Kembali pada topik job desain, pekerjaan desain yang ditawarkan dalam website ini banyak yang berupa kompetisi, artinya banyak orang yang berlomba-lomba membuat satu projek untuk mendapatkan yang paling tepat dengan brief klien. Bayaran yang diterima biasanya berupa uang digital di paypal sehingga cukup mudah transaksinya, secara umum bayaran akan diterima tiga sampai tujuh hari setelah dinyatakan diterima. Berapa kita dibayar? Tergantung dari pemesan / klien menentukan diawal kompetisi tersebut, biasanya antara 50 $ sampai 4000 $. Itu semua juga tergantung dari jenis pekerjaan grafis yang dilakukan.

Dan yang harus jadi perhatian adalah  Design Grafis tidak hanya dengan pikiran saja, tetapi kemampuan / keterampilan dari perangkat lunak grafis. Belum lagi mencari ide asli, ini adalah yang paling sulit. Ketika pikiran jenuh, maka pekerjaan tidak akan segera berakhir, gagasan itu tidak akan muncul-up. Seperti pembangunan kali, lebih maju teknologi IT, serta dunia desain grafis, desainer permintaan untuk mengikuti perkembangan ini, agar tidak kalah dalam menghadapi persaingan dari desainer - desainer dari muda, sebagai desainer muda lebih biasanya memiliki ilmu baru Plus ide - ide-ide segar.Seorang desainer grafis yang ditunjuk untuk belajar software grafis, yang setiap tahun selalu ada sesuatu yang baru. 

Perangkat lunak utama yang digunakan biasanya
 
Perangkat lunak utama yang digunakan biasanya adalah : Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Illustrator, Freehand, Adobe Flash, Adobe Dreamweaver Dan Adobe Premiere Pro. Jadi Bekerja di dunia desain tidak lain dan tidak bukan hanya berurusan dengan gambar menggambar. Hal ini yang sering membuat orang salah kaprah. Kebanyakan orang berpikir kalau desain grafis itu kerjaannya hanya gambar, gambar, dan gambar lagi. Yang sebenarnya adalah pekerjaan seorang desainer grafis adalah tidak hanya sekedar gambar menggambar karena seorang desainer grafis harus bisa membuat konsep dan ide sebagai penyampaian maksud dari klien melalui visualisasi gambar yang nanti dihasilkannya. Bekerja di dunia desain grafis juga tidak notabene hanya berurusan dengan gambar saja karena seorang desainer grafis juga haru berhadapan dengan klien sehingga hal ini yang membuat dia harus bisa menguasai ilmu komunikasi dengan baik agar dia dapat berkomunikasi dengan klien secara baik.

Jenis Pekerjaan Yang ditawarkan Adalah Pembuatan Logo,Pembuatan background twitter,Corporate identity,Tampilan website / web psd mockup,Pembuatan brosur,Rebranding,Pembuatan Business Card,Desain T-Shirt,Banner Ads,WordPress Theme,Desain Ikon,Desain Stationary,Pembuatan Review,Desain Video Illustrasi,Desain Presentasi,Desain Tombol Website, dan banyak lagi.
Dari sekian banyak website yang menawarkan pekerjaan desain grafis. Saya pilihkan 10 besar websitenya antara lain:

  1. http://www.99Designs.com 
  2. http://www.peopleperhour.com 
  3. http://www.project4hire.com
  4. http://www.inspired27.co
  5. http://logo.designcrowd.com/contests 
  6. http://jobs.webdesignerwall.com/
  7. http://www.mycroburst.com/contests
  8. http://www.commarts.com/competitions/design
  9. http://www.sribu.com (web indonesia)
  10. http://kdri.web.id/ (web indonesia)

Jadi, menjadi seorang desainer grafis tidaklah semudah yang dilihat orang akan tetapi tidak sesulit yang dipikirkan apabila kita memang benar-benar mempunyai keinginan untuk maju di bidang desain grafis. Jadi terpikir ingin menjadi desainer grafis?semoga tulisan ini  bermanfaat untuk anda.

Maju terus design indonesia

#dari beberapa sumber

Artikel Terkait:

Ditulis Oleh : Ciu Wanara ~ A3BROs Team is Moving in Design Services , Installation Services (Network and Software) and Website/E-Commerce Creation.

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Berkarir Di Dunia Desain Grafis, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda ....

:: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar